Kamis, 06 Oktober 2011

Tugas Ilmu Alamiah Dasar


TUGAS

ILMU ALAMIAH DASAR



 










Disusun Oleh :

Nama : Anggun Endraswati
NPM : 40211905
Kelas : 1DA02







ILMU ALAMIAH DASAR

1.   Pengertian Ilmu Alamiah Dasar :
                        Ilmu Alamiah Dasar dapat diartikan sebagai Ilmu Pengetahuan Alam (natural science) yang mengkaji tentang gejala–gejala dalam alam semesta sehingga terbentuklah konsep dan prinsip. Ilmu Alamiah Dasar hanya mengkaji konsep–konsep dan prinsip–prinsip dasar yang bersifat esensial, contohnya seperti Biologi, Fisika, dan Kimia, ketiga ilmu tersebut juga memiliki turunan lagi. Ilmu Alamiah Dasar merupakan disiplin ilmu yang dapat berubah sesuai kemajuan peradaban manusia. Menurut Abdulah Aly dan Eny Rahma (2006:V) “Ilmu Alamiah Dasar merupakan kumpulan pengetahuan tentang konsep-konsep dasar dalam bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Teknologi” yang pembahasannya mencakup pengenalan IPA dan ruang lingkupnya, perkembangan teknologi dan dampaknya, serta hubungannya dengan kelangsungan hidup manusia.
                        Adanya Ilmu Alamiah Dasar dilahirkan oleh panca indera yang memberikan tanggapan terhadap semua rangsangan dimana tanggapan itu menjadi sebuah pengalaman. Pengalaman itu sendiri merupakan salah satunya alasan terbentuknya pengetahuan yakni dari kumpulan fakta-fakta yang pernah terjadi. Dan untuk mengkajinya menggunakan metode ilmiah, caranya ialah dengan menentukan hukum yang berlaku mengenai keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta, lalu dibuat analisis untuk menentukan suatu kualitas. Hasil analisis ini kemudian digeneralisasikan.
Tujuan mempelajari Ilmu Alamiah Dasar dalam Instruksional Umum adalah agar dapat memahami perkembangan penalaran manusia terhadap gejala-gejala alam hingga terwujudnya metode ilmiah yang merupakan ciri khusus dari Ilmu Pengetahuan Alam, adapun tujuan mempelajari Ilmu Alamiah Dasar dalam Instruksional Khusus adalah agar dapat menjelaskan perkembangan naluri kehidupan manusia, dapat menjelaskan perkembangan alam pikir manusia dalam memenuhi kebutuhan terhadap “rahasia ingin tahu” nya, serta dapat memberi alasan yang diterima mitos dalam kehidupan masyarakat.
                        Fungsi mempelajari Ilmu Alamiah Dasar antara lain adalah memberi wawasan kepada mahasiswa tentang konsep-konsep alam agar dapat peka dan tanggap terhadap masalah-masalah alam yang ada disekitarnya serta dapat bertanggung jawab terhadap berbagai masalah alam didalam masyarakat sebagai the agen of change (Agen Perubahan) dan dapat mengembangkan apresiasi IPA dan Teknologi kepada mahasiswa serta dapat mendorong dan mengembangkan kemanfaatan Ilmu Alamiah Dasar (Basic Natural Science) pada perkembangan diri, ilmu, dan profesi pada mahasiswa.

2.  Kaitannya Ilmu Alamiah Dasar dengan Akuntansi Komputer (Ekonomi) :
                        Ilmu Alamiah Dasar mempunyai beberapa konsep dasar dalam bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Teknologi, diantaranya didalam konsep Teknologi adanya keterkaitan Teknologi dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang membahas hubungan antara manusia sebagai makhluk sosial. Bagaimana hubungan antar balik manusia dengan manusia lainnya atau makhluk lain, yang terbagi atas Psikologi, Pendidikan, Antropologi, Etnologi, Sejarah, Ekonomi, dan Sosiologi.
                        Dimana dapat dijelaskan bahwa manusia adalah makhluk yang lemah dibandingkan dengan makhluk lainnya. Namun dengan akal budinya serta kemauan yang kuat manusia dapat mengembangkan kemampuan dan teknologi. Dan dengan ilmu pengetahuan manusia bisa hidup lebih baik lagi. Sifat manusiapun selalu merasa tidak pernah puas, maka ketersediaan sumber daya yang terbatas tidak sebanding dengan keinginan manusia yang tidak terbatas. Manusiapun mempunyai keinginan rasa ingin tahu terhadap rahasia alam, selalu mencoba mencari jawaban dengan pengamatan dan penggunaan pengalaman.
                        Dan dari apa yang sudah dijelaskan tadi dapat disimpulkan bahwa manusia sangat memerlukan ilmu pengetahuan agar mampu memenuhi kebutuhan sumber daya dengan cara melakukan pengamatan dan penggunaan pengalaman serta teknologi. Contohnya memberikan pemahaman kepada manusia tentang apa yang ada didalam bumi ini yang bisa dimanfaatkan seperti minyak dan gas bumi yang kemudian dapat dimanfaatkan untuk memperoleh uang atau keuntungan, yang kemudian menuntut manusia itu sendiri untuk bisa menginvestasikan keuntungannya itu agar kemudian dapat membuat perencanaan yang berkaitan dengan penganggaran dan keuangan, serta kemudian melakukan bisnis yang nanti hasilnya dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia itu sendiri. Maka dari itu ilmu pengetahuan, teknologi, dan ekonomi tidak dapat dipisahkan, karena semuanya berkaitan satu sama lainnya, dan menimbulkan hubungan timbal balik yang saling membutuhkan satu dengan yang lainnya. (Sumber : Hari Purnama, 2003 atau H. Abu Ahmad & A. Supatmo, 1998)

1 komentar:

  1. GUe suka artikelnya,

    Salam knal yah, gue follow blog lo, kalau berkenan follback. salam knal :))

    BalasHapus