LAPORAN KEUANGAN KONSOLIDASI
1.
Pengertian
Laporan Keuangan Konsolidasi
Laporan Keuangan Konsolidasi adalah laporan yang
menyajikan posisi keuangan dan hasil operasi dari sebuah grup perusahaan,
terdiri dari induk perusahaan dan satu atau lebih anak perusahaan yang
seolah-olah sebagai satu perusahaan.
2.
Tujuan
Laporan Keuangan Konsolidasi
Tujuan utama Laporan Keuangan Konsolidasi adalah
untuk memberikan gambaran yang obyektif dan sesuai keseluruhan posisi dan
aktivitas dari suatu perusahaan.
3.
Manfaat
Laporan Keuangan Konsolidasi
Ø Dapat
memberikan gambaran jelas tentang total sumber daya perusahaan, hasil gabungan
dibawah kendali induk perusahaan, kepada para pemegang saham dan kreditor.
Ø Dapat
memberikan informasi bagi manajemen induk perusahaan, baik mengenai operasi
gabungan dan juga mengenai perusahaan individual yang membentuk entitas konsolidasi.
4.
Metode
Laporan Keuangan Konsolidasi
Ø Konsolidasi
Metode Ekuitas
Dimana perusahaan induk
dan anak bergabung, semua bergabung untuk mengetahui dan melaporkan posisi
keuangan dan perkembangan usaha, disini PT. Anak yang mencatat.
Ø Konsolidasi
Metode Biaya
Dimana sebagai
pendapatan oleh perusahaan induk adalah bagiannya dari perusahaan anak, hanya
jika perusahaan anak membagikan deviden.
5.
Prosedur
Dalam Pembuatan Laporan Keuangan Konsolidasi
Ø Dicatat
oleh perusahaan induk dan anak untuk perusahaan yang sama.
Ø Menyusun
kertas kerja.
6.
Fungsi
Penyesuaian Dan Eliminasi Dalam Laporan Keuangan Konsolidasi
Fungsinya adalah untuk mengetahui perbandingan modal
saham untuk perusahaan induk ataupun anak.
Contoh : Eliminasi modal saham, Agio
saham, Laba yang ditahan.
7.
Perbedaan
Kertas Kerja Konsolidasi Antara Metode Equity Dan Cost
Ø Metode
Equity merupakan metode dimana kertas kerja konsolidasi sudah diperbarui.
Contoh : Kas, Laba yang
ditahan, Hak minoritas.
Ø Metode
Cost merupakan metode dimana kertas kerja konsolidasi angkanya sudah diperbarui
di dalam Investasi saham atau nilai bukunya.
Contoh : Kas, Piutang,
Persediaan, Tanah, Hutang, Laba yang ditahan (PT. Makmur), Laba yang ditahan
(PT. Jaya).
8.
Masalah-Masalah
Umum Yang Ada Di Laporan Keuangan Konsolidasi Dan Cara Mengatasinya
Ø Masalah
umum yang ada di laporan keuangan konsolidasi adalah adanya kesalahan dalam
menginput angka ke dalam jurnal.
Ø Untuk
mengatasinya yaitu membuat jurnal pembalik dan jurnal penutup sebagai koreksi
atas kesalahan yang terjadi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar