Sabtu, 28 Desember 2013

Tips Belanja Di Luar Negeri



TIPS BELANJA DI LUAR NEGERI

Belanja di luar negeri, jangan sembarang. Harus tahu lebih dahulu beberapa info penting :
1.      Bandingkan harga di beberapa toko
Harga produk dapat berbeda sangat jauh di toko yang berlainan. Karena itu sebelum membeli, jalan-jalanlah dulu ke beberapa toko atau butik atau cari harga jual yang direkomendasikan. Tanyakan ke toko penjual apakah pajak Goods and Services Tax (GST) sebesar 7% berlaku.

2.      Pembelian biasanya bersifat final
Toko-toko di luar negeri menerapkan kebijakan ketat dalam hal pengambilan barang, pertukaran barang atau pengambilan uang. Agar aman, selalu tanyakan pada toko tentang kebijakan ini sebelum Anda membayar.

3.      Periksa bon atau tanda terima
Mintalah bon atau tanda terima setiap kali melakukan pembelian. Periksa harga dan keterangan barangnya tepat atau tidak. Simpan bon untuk memastikan Anda tidak membayar lebih dari yang diharuskan, mungkin juga tersedia hadiah, juga harus tertera dengan benar.

4.      Pastikan “jaminan internasional” produk Anda
Jaminan internasional (international warranty) tidak bersifat standar. Pastikan jaminan produk itu berlaku di negara Anda. Pastikan bon pembelian dan kartu jaminan Anda memiliki stempel dan tanda tangan toko. Dalam hal barang elektronik, tulis juga nomor serinya. Ada istilah “worldwide local warranty” (jaminan lokal di seluruh dunia) berarti jaminan itu hanya di negara pembelian. Kata “worldwide” merujuk pada ketersediaan produk, bukan jaminannya. Jangan lupa, barang yang diimpor paralel (tidak melalui jalur resmi) tidak memiliki jaminan, dan toko tidak menerima pengembalian uang, barang atau pertukaran barang.




5.      Toko kecil harga bisa fleksibel
Di toko serba ada, semua harga mempunyai label harga dan harganya sudah tetap. Toko kecil juga melakukannya tetapi harga seringkali fleksibel jika dimintai potongan harga. Tanyakan pada toko tersebut “harga terbaik”-nya lalu tawar dengan harga realistik sampai mencapai kesepakatan.

6.      Cermati pengenaan biaya tambahan
Hampir semua toko menerima kartu kredit internasional yang besar. Apabila anda bertemu dengan toko yang bersikeras menambahkan biaya tambahan, hubungi kantor cabang setempat dari kartu tersebut agar dilakukan tindakan perbaikan.

7.      Periksa sebelum meninggalkan toko
Sebelum Anda membayar, cobalah dahulu barang yang ingin Anda beli, dan luangkan waktu untuk memeriksa bahwa aksesori dan alat-alat tambahan yang dijanjikan telah tersedia dalam kemasan dan berfungsi baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar